Kamis, 28 Januari 2016

TIPS BAGI MAHASISWA YANG INGIN MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR

Paduan menjalankan bimbingan bersama dosen:
1. Pastikan anda sudah mendapat SK bimbingan untuk kemudian diserahkan kepada dosen yang akan membimbing tugas akhir anda.
2. Segera cari/minta no. telp dosen bersangkutan agar dapat dihubungi dengan mudah
3. Buat judul dengan penjelasan variabel dalam garis besar atau bagan.
4.  Tanyakan jadwal bimbingan yang beliau sediakan.
5. Mintalah file tugas akhir yang sudah jadi pada kakak kelas atau teman anda. (Hal ini untuk memudahkan format penulisan saja, bukan untuk menjiplak atau plagiat)
6. Mulailah membuat tugas akhir anda sekarang juga.
7. Pergiat mengunjungi perpustakaan untuk mencari referensi.
8. Tentukan target kapan tugas akhir anda akan selesai.
9. Tentukan target harian atau mingguan bagian tugas akhir yang ingin anda kerjakan.
10. Setelah suatu bagian selesai segeralah melakukan bimbingan
11. Kalau anda sedang malas menyelesaikan target, ada tips untuk anda. SMS saja dosbing minta pertemuan. Otomatis anda akan segera menyelesaikan target anda karena tidak ingin mengecewakan dosbing.
12. Ada kalanya kita diharuskan menunggu dosbing untuk merevisi karya kita, saat itu lakukan refreshing. Naik gunung, pergi ke mall atau jalan-jalan agar pikiran fresh dan tidak terlalu pusing dengan masalah tugas akhir.
13. Apabila dosbing susah ditemui, dan jual mahal. Anda diharuskan sedikit ngotot untuk meminta pertemuan. Tapi dengan cara sopan dan dengan cara yang tidak terlalu memaksa.
14. Apabila dosen bimbingan memang sangat tidak kooperatif dan menghambat penyelesaian tugas akhir anda. Tidak ada salahnya bila ganti dosen bimbingan. Meski sedikit rumit dalam mengurus perizinan, itu tak masalah. yang penting tugas akhir selesai dengan baik :)

selamat menempuh tugas akhir. Sebenarnya tak ada yang sulit di dunia ini, hanya sedikit rumit. Tetap semangat, do the best and Man Jadda Wa Jadda :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar